SEJARAH SINGKAT

Kamis, 12 April 2012

Panti Asuhan Muhammadiyah Siti Khadijah Al-Kubra bertempat di Jalan Syukur No.54 Rt 001/08, Tlp. 021 7868724, Kelurahan Lenteng Agung Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

              Dimulai dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pasar Minggu yang memiliki tanah seluas 2000 meter. Semula, tanah tersebut akan dijadikan bangunan SLTP Muhammadiyah, namun dikarenakan berbagai hal terutama dengan datangnya krisis ekonomi dan keuangan pada tahun 1990-an serta tidak adanya dana yang cukup. Akhirnya gedung tersebut yang sudah mulai dibangun dengan fondasi tidak dapat berjalan dengan baik (tidak diteruskan). Kemudian pada tahun 1993 datang tawaran dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah agar dialihkan menjadi Panti Asuhan.
Setelah disepakati oleh pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pasar Minggu, maka berdirilah Panti Asuhan Siti Khadijah Al-Kubra dengan tahap pertama menyantuni 20 anak asuh.


Panti Asuhan Muhammadiyah Siti Khadijah Al Kubra menganut sistem terbuka, dalam arti terbuka untuk seluruh kalangan umat Islam dengan status : Yatim, Yatim-piatu, atau Fakir miskin (Dhua’fa). Seluruh kegiatan difokuskan untuk kepentingan anak asuh. Anak berperan sebagai subyek yang harus diperhatikan sesuai dengan kodratnya. Panti Asuhan berperan menciptakan kondisi sebuah keluarga, sekaligus sebagai pengganti Bapak Ibu di rumah. Masyarakat sebagai penunjang program-program kegiatan baik secara individu maupun kelompok.

Besar kecilnya jumlah anak asuh tergantung pada kapasitas serta kemampuan dana yang tersedia. Pada saat ini tersedia untuk 38 anak asuh dan lebih sering terisi 30 s.d. 35 anak asuh, saat ini terisi 30 anak asuh.

0 komentar:

Posting Komentar

 
PAY AL-KUBRA © 2012-2013 | Designed by SKAK, in collaboration with Da'an Yahya, Crea and ALUMNI